Koordinasi dan Pendampingan penyusunan SKP tahun 2023 di Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP)

Jumat, 31 Maret 2023 LPP melakukan koordinasi dan pendampingan penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dengan mengundang Staff Ahli WR II, Farid Rahman, S.Si, M.Si dan  Dr.Sc. Siti Mariyah Ulfa, S.Si., M.Sc. Pendampingan SKP merupakan suatu proses yang dilakukan oleh atasan atau pembimbing dalam membantu pegawai dalam mencapai target kinerja yang telah ditetapkan.

Dalam pembukaaan acara Koordinasi dan Pendampingan penyusunan SKP tahun 2023  sekretaris LPP, Dr. Siti Asmaul Mustaniroh, STP. MP, menjelaskan kepada Tim Staff Ahli WR II terkait struktur Organisasi dan kondisi SDM di LPP. Dalam tupoksi pimpinan LPP, ada ketua LPP yang dibantu sekretaris LPP. Tugas Sekretaris adalah memberikan pelayanan teknis dan administratif mulai dari kepegawaian, keuangan, ketata laksana, ke tata usahaan, dan kerumah tanggaan sampai ke pengelolaan barang milik UB.

“Kami mohon masukan dari Pak Farid seberapa banyak dan seberapa dalam SKP yang akan kami susun dan Kami ingin mendapatkan petunjuk posisi dari staf tendik itu sebenarnya akan dinilai oleh siapa. ” ujar Bu Asma.

Staff Ahli WR II menyampaikan penyusunan SKP berdasarkan  PERMENPAN no 6 tahun 2022 dan pertor UB no 12 tahun 2022. SKP yang disusun di tahun 2023 berbeda dengan tahun sebelumnya karena tahun ini tidak hanya menilai capaian kinerja akan tetapi juga menilai perilaku kerja. Perilaku kerja dimasukkan dalam format SKP dan dinilai berdasarkan ekspektasi dari pimpinan dan menjadi bagian tak terpisahkan dalam penilaian. Penilaian perilaku kerja yang  disingkat “BERAKHLAK” meliputi Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. “Penilaian perilaku kerja yang sebelumnya dinilai secara kualitatif di tahun ini dinilai secara kuantitatif agar bisa lebih terukur” tambah Farid.

Koordinasi dan Pendampingan penyusunan SKP tahun 2023 di Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) ditutup oleh Ketua LPP, Prof Dr. dr. Loeki Enggar Fitri M.Kes, Sp.ParK. (SAM)

id_IDIndonesian